Tips Memilih Layanan Rental Mobil Biar Nyaman

Pilihan rental mobil, terutama di destinasi bisnis dan wisata seperti Jakarta dan Bali, memang banyak. Namun, tidak semuanya menawarkan layanan rental mobil yang profesional dan berkualitas. Karena itu, Anda perlu tahu tips memilih layanan rental mobil yang tepat agar tak kecewa.

1. Perhatikan Testimoni Pengguna Jasa Rental Mobil

Baca : Buruan Sebelum Kehabisan! Jangan Lewatkan Promo Liburan Akhir Tahun yang Murah dari Salsa Wisata

Testimoni adalah hal penting yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli produk apa pun, baik barang maupun jasa—termasuk saat mencari jasa rental mobil. Kini, testimoni pelanggan bisa Anda temukan di bagian Review atau Ulasan pada profil Google Bisnis jasa rental mobil yang Anda cari.

Bentuk testimoni pelanggan di Google Bisnis terdiri dari dua komponen, yakni rating (ditandai dengan bintang) dan ulasan yang menjabarkan lebih panjang feedback pelanggan. Keduanya sama-sama penting Anda perhatikan.

Selain itu, perhatikan pula jumlah ulasan yang ada. Seperti contoh, dibandingkan rental A yang memiliki rating 5 tapi hanya diulas oleh 3 orang, Anda mungkin bisa lebih mempertimbangkan untuk memilih rental B yang memiliki rating 4,6 dengan ulasan sebanyak 50+ orang.

2. Pelajari Layanan Jasa Rental yang Disediakan

Jasa rental mobil umumnya menawarkan beberapa layanan. Informasi mengenai pilihan jasa sewa biasanya tercantum di dalam website atau akun media sosial jasa rental mobil bersangkutan.

Dari segi waktu misalnya, mereka menawarkan harian, mingguan, atau bulanan. Anda juga perlu lebih cermat menilainya—misal jika harian, apakah dihitung selama 24 jam penuh atau hanya di hari yang sama hingga pukul 24.00.

Di samping itu, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beberapa jasa rental hanya menyediakan sewa mobil bulanan tanpa supir (lepas kunci) atau dengan sopir. Biaya yang ditawarkan pun juga akan berpengaruh dengan pilihan servis ini.

3. Ketahui Unit Mobil Apa Saja yang Tersedia

Anda tentu punya preferensi unit mobil rental apa saja yang tersedia. Cari tahu apakah unit yang Anda butuhkan tersedia atau tidak. Adapun beberapa unit yang biasa dibutuhkan antara lain adalah Toyota Avanza, Innova Reborn, Toyota Alphard, Toyota Hiace, dan Pajero Sport.

Namun, jangan hanya terpaku pada merek yang disediakan. Anda sebaiknya juga mencari tahu bagaimana kondisi mobil tersebut—keluaran tahun berapa, jenis transmisi yang digunakan, hingga fasilitas aksesoris dan fasilitas unit tersebut.

4. Pahami Syarat dan Ketentuan Jasa Rental Mobil

Tips memilih layanan rental mobil ini kerap terlupakan. Akibatnya, banyak perselisihan yang terjadi antara penyewa dan pemilik jasa sewa mobil karena kesalahpahaman dan informasi yang tidak klir di awal.

Karena itu, pelajari dengan saksama apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan dari setiap jasa rental mobil. Berikut adalah beberapa contoh detail yang perlu Anda perhatikan.

Dokumen persyaratan penyewa, seperti KTP/SIM, NPWP (untuk perusahaan), dan sebagainya

Deposit yang harus dibayarkan

Kesepakatan untuk survei kendaraan sebelum serah terima

5. Pastikan Mobil Rental Sudah Memiliki Asuransi

Selalu ada kemungkinan mobil yang digunakan mengalami beberapa hal tak mengenakkan, seperti terjadinya goresan sampai kehilangan. Kalau sudah begini, tentu baik Anda sebagai penyewa maupun pihak jasa rental sama-sama tidak diuntungkan.

Maka dari itu, Anda bisa memastikan terlebih dahulu apakah mobil yang akan digunakan telah dilindungi oleh asuransi. Walau demikian, hal ini bukan berarti Anda tidak perlu menjaga dan merawat mobil yang disewa. Pasalnya, klaim asuransi juga memiliki prosedur tersendiri.

6. Bandingkan dengan Beberapa Jasa Rental Mobil Lainnya

Jangan terpaku pada harga murah. Ada banyak pertimbangan lain yang harus Anda perhatikan seperti beberapa poin di atas. Percuma pula jika Anda membayar 30% lebih murah, tetapi ternyata kenyamanan saat menggunakan mobil rental sama sekali buruk, bukan?

Lakukan perbandingan antara satu jasa rental mobil satu dengan lainnya—pilihlah mana yang paling baik setelah melihat dari berbagai aspek. Agar dapat memilih yang paling tepat, ada baiknya Anda melakukan survei dari jauh-jauh hari.

7. Masih Kurang Yakin? Hubungi Customer Service-nya

Kalau masih kurang informasi atau merasa belum yakin, jangan ragu untuk menghubungi customer service jasa rental mobil tersebut. Tanyakan dengan detail apa yang menjadi perhatian Anda sehingga tidak ada kesalahpahaman nantinya.

Baca : Tips Memilih Sewa Mobil Hiace di Bekasi dan Cikarang

Salsa Wisata menyediakan layanan sewa mobil berkualitas dan profesional. Tim kami siap membantu Anda menemukan mobil rental yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda. Anda pun dapat menghubungi customer service kami melalui berbagai kanal, mulai dari telepon, WhatsApp, hingga email.

Nah, itulah beberapa tips memilih layanan rental mobil. Agar pengalaman berkendara dengan mobil rental makin nyaman, ketahui pula bagaimana cara mengecek mobil rental supaya tidak tertipu, pilihan aplikasi rental mobil online terbaik, dan penyebab mobil mati mendadak dalam artikel lainnya.