Liburan? Pastinya semua orang menyukainya mulai dari anak–anak hingga orang dewasa karena dengan berlibur akan membuat suasana hati senang. Tidak hanya itu, dengan berlibur dipercaya bisa menghilangkan stres atau rasa penat.

Untuk itulah sangat diperlukan liburan agar bisa mengusir stress. Kamu bisa berlibur bersama keluarga, teman, atau lainnya agar terasa lebih terhibur dan merasakan liburan yang sesungguhnya. Tapi sebelum itu, perhatikan dulu tips memilih tempat wisata berikut ini:

1. Pastikan Timing yang Tepat untuk Traveling

Tips pertama ialah Kamu harus memastikan waktu yang akan digunakan untuk berlibur sudah tepat. Kenapa? Karena dirasa percuma liburan kalau masih memikirkan urusan lain. Seperti pekerjaan, masalah, atau lainnya.

Untuk itu, pastikan tidak memikirkan apapun dan di waktu yang tepat. Untuk traveling tidaklah harus dilakukan waktu libur saja melainkan kapanpun bisa melakukannya. Asalkan tadi ya tidak di waktu yang sekiranya tetap memikirkan hal-hal yang membuat stres.

2. Jarak Tempuh yang Diperlukan

Selanjutnya, pastikan Kamu menempuh jarak yang sekiranya tidak akan membuat kecapekan. Kalau sampai Kamu memilih tempat wisata yang jaraknya jauh dari tempat tinggal, maka akan memakan waktu lama saat berlibur.

Dikarenakan Kamu harus menempuh perjalanan panjang yang kemungkinan akan membuat capek. Kalau itu terjadi, kamu justru merasa kelelahan saat sudah sampai di tempat wisata di jogja paling terkenal. Jadi berlibur pun tidak bisa bikin senang dan menghilangkan stres.

3. Tempat Wisata Belum Pernah Dikunjungi

Tips ketiga untuk berliburan dan ampuh menghilangkan stres ialah kamu harus memastikan tempatnya sudah atau belum pernah dikunjungi. Ada baiknya memilih yang belum pernah dikunjungi oleh kamu maupun keluarga lainnya.

Hal ini agar kamu dan keluarga bisa menemukan suasana yang baru. Sehingga Kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang baru juga. Tetapi, jika merasa di tempat wisata yang pernah kamu kunjungi tidak membuat bosan, sah-sah saja kok pergi ke sana.

4. Traveling Pas Dengan Isi Kantong

Tips selanjutnya, Kamu harus pastikan bahwa tempat wisata sesuai dengan isi kantong. Untuk pergi ke tempat wisata tidaklah gratis, karena mungkin Kamu harus membayar karcis atau biaya lainnya. Selain itu, mungkin juga ingin membeli sesuatu seperti makanan atau minuman.

Maka dari itu, sebelum memilih tempat wisata ada baiknya memperhatikannya apakah sudah sesuai dengan kantong atau tidak. Jika tidak sesuai, maka liburan justru akan membuat uang Kamu habis, deh.

5. Pastikan Ada Fasilitas Layak

Nah ini, tersedianya fasilitas juga menjadi salah satu point penting loh. Fasilitas yang wajib ada yakni toilet dan rumah ibadah. Nggak lucu kan, Kamu liburan ke tempat yang tidak memiliki toilet bersih? Wah, bisa susah kalau tiba-tiba kebelet pipis.

Rumah ibadah seperti mushola atau masjid juga sangat penting ya sobat petualang. Jangan sampai asik liburan tapi lupa waktu ibadah. Jadi, pastikan tempat wisata yang Kamu kunjungi memiliki minimal 2 fasilitas tersebut.

6. Lingkungan Ramah

Selain fasilitas, Kamu juga harus memilih tempat wisata yang ramah. Artinya, tempat wisata memang tidak berisiko terhadap hal-hal yang negatif. Misalnya nih, kamu ngajak ponakan yang masih balita, ya jangan kamu ajak main di pantai yang ombaknya besar ya, jangan!

Jadi Kamu juga harus menyesuaikan, kalau sekiranya mengajak anak kecil ya pilih tempat wisata yang cocok untuk mereka. Misalnya taman bermain, wahana bermain, atau ke kebun binatang. Tapi, lain cerita kalau rombongan Kamu sudah dewasa semua ya, bebas mau kemana aja deh.

7. Survey Kecil-Kecilan

Tips yang terakhir yaitu survey. Kamu bisa lakukan survey kecil-kecilan, misalnya dengan browsing di internet. Caranya, kamu bisa cek dulu nih, kira-kira destinasi wisata yang Kamu inginkan beneran keren atau nggak ya.

Kamu juga bisa lihat foto-foto dari orang-orang yang pernah kesana. Kalau kamu sudah yakin suka, langsung atur jadwal deh dan siap berangkat

Itulah beberapa tips memilih tempat wisata yang harus kalian perhatikan agar bisa ampuh menghilangkan stres. Pasti Kamu bisa menghilangkan stres dan melupakan masalah, kalau berlibur dengan benar dan memperhatikan tips ini.